Untuk membuat hasil render yang realistis, ada berbagai macam mesin render (Vray, MentalRay, Lumion, dll) dan ada berbagai macam efek yang digunakan. Kali ini AGA akan membahas tentang menggunakan efek kotor dalam Vray 3ds Max.
Yang AGA maksud efek kotor ini berupa bayangan / gradasi hitam di setiap pertemuan objek atau pada objek yang berdekatan, biasa disebut dengan Ambient Occlusion. Untuk setiap mesin software dan mesin render cara membuat Ambient Occlusion berbeda-beda, misal pada Vray SketchUp setingan ambient occlusion terdapat di setinggan render, tetapi pada Vray 3ds Max Ambient Occlusion terdapat pada material.
Ambient occlusion attempts to approximate the way light radiates in real life, especially off what are normally considered non-reflective surfaces. (wikipedia)
Keunggulan Ambient Occlusion pada material adalah kita bisa melakukan pemisahan antara material yang diberi AO (Ambient Occlusion) dengan yang tidak terkena efek AO. Langsung saja kita mulai tutorial membuat Ambient Occlusion menggunakan Vray 3ds Max.
1. Siapkan scene yang akan di render. (yang pasti scene-nya sudah terisi objek-objek).
2. Sebelumnya pastikan dulu :
- Pada render setup (F10) pastikan Assign Renderer menggunakan Vray.
- Lakukan setingan render sesuai keinginan (GI diaktifkan, gunakan Irradiance Map & Light Cache)
- Pastikan menggunakan Vray Physical Camera.
*untuk scene tutorial ini AGA sumber cahaya yang menggunakan VraySun untuk scene Exterior.
3. Buka material editor dengan cara tekan tombol M pada keyboard.
4. Klik pada tombol Standard, maka akan muncul jendela Material/Map Browser. Pilih VRayMtl.
5. Diffuse map gunakan VRayDirt.
6. Atur parameter VRayDirt, Radius 1 meter, Occluded = warna bayangan, Unoccluded = warna objek, Subdivs = kehalusan bayangan. Silahkan atur sesuai kebutuhan scene kalian.
*Untuk nilai-nilai yang lain akan AGA jelaskan menggunakan ilustrasi di akhir artikel.
7. Material yang sudah dibuat langsung saja di apply-kan ke objek.
8. Saatnya menekan tombol F9 atau tombol render. Tunggu beberapa saat, maka hasilnya akan muncul seperti gambar dibawah ini.
![]() |
hasil-render-menggunakan-ambient-occlusion |
![]() |
hasil-render-tanpa-menggunakan-ambient-occlusion |
Lihat gambar di atas, scene yang menggunakan Ambient Occlusion muncul bayangan di setiap pertemuan objek. Menurut kalian lebih realistis yang mana? silahkan berpendapat.
*Untuk pengaturan parameter VRayDirt silahkan lihat ilustrasi di bawah ini.
Gambar di bawah ini AGA ambil dari situs vray.com
(klik pada gambar untuk memperbesar)
Thanks for reading & sharing Tutorial Lengkap Microsoft Office
0 komentar:
Posting Komentar