Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial cara membuat laporan keuangan sederhana dengan menggunakan Excel atau istilahnya buku kas sederhana.
Saya bilang sederhana karena Laporan keuangan ini hanya terdiri dari beberapa kolom saja yaitu kolom:
Penulisan rumusnya ada yang menggunakan rumus semi ablosut (D$4 dan E$4) jadi perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam penjumlahannya.
Salin atau copy rumus pada F4 ke baris selanjutnya dengan cara drag drop pada Fill Handle-nya atau bisa juga dengan cara copy paste biasa.
4Selanjutnya tinggal memasukkan rumus pada kolom Jumlah, rumusnya adalah:
- Pada cell D14 masukkan rumus: =SUM(D4:D13)
- Pada cell E14 masukkan rumus: =SUM(E4:E13)
- Pada cell F14 masukkan rumus: =D14-E14
5Hasilnya seperti gambar berikut ini.
Saya bilang sederhana karena Laporan keuangan ini hanya terdiri dari beberapa kolom saja yaitu kolom:
- No
- Tanggal
- Keterangan
- Debet
- Kredit
- Saldo
Meski sederhana laporan ini saya kira sudah cukup bagi yang kurang begitu mengerti dengan pembukuan atau akuntasi.
Kelebihan laporan keuangan dengan menggunakan Excel adalah pada Saldo akan otomatis bertambah jika kolom debet di isi dan otomatis berkurang jika kolom kredit yang di isi.
Langsung saja kita mulai pembuatan laporan keuangan dengan excel, Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Kelebihan laporan keuangan dengan menggunakan Excel adalah pada Saldo akan otomatis bertambah jika kolom debet di isi dan otomatis berkurang jika kolom kredit yang di isi.
Langsung saja kita mulai pembuatan laporan keuangan dengan excel, Ikuti langkah-langkah berikut ini:
1Buatlah Format Laporan Keuangan seperti gambar dibawah ini:
2Selanjutnya tinggal memasukkan rumus pada kolom Saldo (F4 s.d F13) agar nantinya bisa bertambah dan berkurang secara otomatis. Untuk itu kita akan menggunakan kombinasi Rumus IF, OR dan Rumus SUM.
3Pada kolom F4 masukkan rumus:
3Pada kolom F4 masukkan rumus:
=IF(OR(D4<>0;E4<>0);SUM(D$4:D4)-SUM(E$4:E4);0)
Penulisan rumusnya ada yang menggunakan rumus semi ablosut (D$4 dan E$4) jadi perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan dalam penjumlahannya.
Salin atau copy rumus pada F4 ke baris selanjutnya dengan cara drag drop pada Fill Handle-nya atau bisa juga dengan cara copy paste biasa.
4Selanjutnya tinggal memasukkan rumus pada kolom Jumlah, rumusnya adalah:
- Pada cell D14 masukkan rumus: =SUM(D4:D13)
- Pada cell E14 masukkan rumus: =SUM(E4:E13)
- Pada cell F14 masukkan rumus: =D14-E14
5Hasilnya seperti gambar berikut ini.
Thanks for reading & sharing Tutorial Lengkap Microsoft Office
saya udah coba tapi kalau di google sheet gimana yah?
BalasHapusSpam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Silakan hubungi kami melalui cara di bawah ini
BBM : OKBPOKER
WhatsApp : 081362175344
LINE : OKBPOKER.COM
Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Dengan Excel >>>>> Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
BalasHapus>>>>> Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Dengan Excel >>>>> Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
>>>>> Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana Dengan Excel >>>>> Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!
>>>>> Spam Detected! Link aktif otomatis terhapus!!!